9 Cara merawat hp agar awet bisa bertahan tahunan!

  • Share
Cara merawat hp agar awet

Saat ini hp sudah seperti barang wajib yang harus selalu ada di tangan. Bagaimana tidak, seluruh aktivitas manusia sekarang mengandalkan smartphone. Misalnya saja seperti bekerja yang mengharuskannya untuk meeting menggunakan zoom, kegiatan sekolah online yang juga mengandalkan smartphone, dan aktivitas sehari-hari seperti bermain game. 

Benda kecil satu ini memang selalu digunakan dari bangun tidur hingga hendak tidur. Hal inilah yang kadang membuat smartphone menjadi kehilangan masa usianya. Bahkan untuk hp yang baru dibeli, kadang bisa cepat rusak dalam waktu singkat. 

Hal ini disebabkan bukan karena produk jelek, melainkan karena penggunaan yang tidak wajar dan terlalu menyiksa. Karenanya, kita harus selalu menjaga hp agar bisa tetap awet selama bertahun-tahun. Dengan demikian, kita bisa lebih menghemat uang. 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara merawat hp agar awet dan tahan lama. Cara ini sudah kami praktekkan dan terbukti berhasil. Hp yang kami miliki masih awet dan terawat dengan baik. 

9 Cara Merawat Hp Agar Awet

1. Gunakan Case

Case atau pelindung body menjadi benda yang sangat penting. Fungsinya sangat sentral, dapat melindungi hp dari benturan akibat terjatuh. Selain itu, benda yang satu ini juga bisa menahan debu dan kotoran masuk ke mesin hp. 

Kalau hp mu belum dipakaikan sebuah case, mending coba beli dan kasih case deh. Hal ini untuk menjaga agar smartphone yang kamu miliki tetap awet. Kamu bisa membelinya di toko hp di daerah mu. Harganya hanya 10 ribuan saja kok. Oh iya, biasanya untuk pembelian hp baru, produsen telah menyematkan sebuah case di dalamnya. Sehingga kamu tak perlu lagi membeli case tambahan. 

2. Gunakan pelindung layar

Cara merawat hp baru yakni dengan memasang screen protector. Screen protector dapat menjaga layar hp agar tidak tergores dan rusak. Benda yang satu ini juga dapat mengurangi kecerahan layar, sehingga mata tidak cepat lelah. 

Sekarang coba cek, apakah hp kamu sudah terpasang sebuah pelindung layar atau belum? Kalau belum, silahkan beli di konter, harganya paling hanya 10 ribuan saja. 

3. Bersihkan layar dan body belakang

Layar hp menjadi bagian yang sering terkena kotoran. Meski sudah dilapisi screen protector, kalau dibiarkan tetap saja kotoran yang menempel akan masuk ke dalam mesin melalui celah hp.

Bersihkan layar ketika kotor atau kecipratan air. Jangan sampai layar makin kotor dan berakibat buruk pada performa mesin. Selain itu, kamu juga harus mengecek body belakang. Pasalnya, body belakang yang telah diberi case sering kemasukan debu. Kalau dibiarkan maka akan tumbuh jamur dan susah untuk dibersihkan. 

4. Isi daya dalam kondisi hp mati

Mengecas hp lebih baik dilakukan dalam kondisi hp mati. Kalaupun terpaksa ngecas dalam keadaan hp terjaga, silahkan aktifkan mode pesawat. Hal ini guna pengisian baterai tetap lancar dan tidak terhalang oleh sinyal. Karena biasanya mengisi daya dalam mode pesawat, akan lebih mempercepat baterai untuk terisi. Sedangkan jika kondisi normal, maka proses pengisian akan lambat. Hal ini disebabkan oleh baterai yang berkurang akibat hp menerima sinyal. 

5. Isi daya ketika sudah 20%

Bagaimana cara merawat baterai hp? Untuk merawat baterai hp, kamu bisa coba nih untuk mengecas hp sebelum 20%. Hal ini agar baterai tetap terawat dan terjaga kondisinya. Sehingga akan meminimalisir baterai cepat drop dan baterai bocor. Jika kamu mengecas hp di bawah 20% maka mesin hp akan bekerja ekstra untuk meminimalisir penggunaan. Hal ini sangat tidak baik bagi baterai itu sendiri. 

PXW1CPcJFLcXTQBZaqkhatSyF0NJQxOb83spNL4hQhKbIymsrdP9QEMpRIDRL16lYoxwqxB0mOhWKas0umjku3gh6dgKO9tWDwQRIVXU8auvWj5eONUG I3

6. Hindari mengecas sambil bermain

Bagaimana caranya agar hp tidak mudah rusak? Ngecas sambil bermain mungkin jadi penyebab utama kerusakan hp. Bahkan ada kasus mengenai hp yang baru sebulan langsung boros dan cepat drop. Setelah ditelusuri, ternyata diakibatkan oleh pengguna yang “jorok” karena ngecas hp sambil main game dan main sosmed. 

Tindakan ini selain membuat baterai cepat rusak, juga sangat membahayakan. Kalau hp makin panas, bisa saja hp itu meledak karena tidak kuat menahan panas serta aliran listrik yang masuk. Kasus hp meledak akibat dicas sambil dimainkan juga sangat banyak. Jadi? Mulai sekarang bijaklah dalam penggunaan. 

7. Ketika dicas, jangan taruh hp di kasur atau bantal

Bantal, kasur, dan kain ketika ditempelkan sebuah benda yang panas, maka bantal tersebut juga akan ikut panas. Nah ketika kamu mengecas hp dan diletakkan di bantal, maka hp kamu bakal makin panas. 

Cara merawat hp dengan baik saat mengecas, yakni dengan cara menaruh hp di permukaan kayu atau bila perlu di lantai. Hal ini karena kayu danantai bisa meredakan panas dari hp. 

8. Hindari aplikasi yang tidak resmi

Aplikasi tidak resmi yang dimaksud adalah aplikasi yang tidak tersedia di play store dan aplikasi hasil modifikasi. Mengapa harus dihindari? Hal ini agar hp tidak terkena virus berbahaya. 

Menginstal aplikasi tak resmi memungkinkan hp kamu dapat terkena virus atau bahkan di hack. Hal ini tentunya sangat membahayakan apabila data pribadi kamu sampai dicuri. 

9. Jangan dipaksa ketika sudah panas

Cara merawat hp android agar tidak lemot yakni dengan berhenti main hp ketika panas. Kebiasaan anak muda jaman sekarang adalah tidak peduli dengan smartphone mereka. Meski sudah lelah dan capek, tetapi masih saja dipaksa untuk menjalankan aplikasi game dan kawan-kawanya. 

Hal ini tentu sangat tidak baik untuk kesehatan hp kamu. Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan komponen hp jadi rusak. Selain itu, bagian baterai juga bakal cepat terkuras habis dan bisa cepat bocor. 

10. Hindari hp dengan tempat medan magnet

Jika kamu mendekatkan hp dengan medan magnet, maka sinyal hp kamu bisa cepat rusak. Hal ini karena medan magnet menghambat penerimaan sinyal ke hp. Sehingga hp IC hp akan bekerja lebih keras dan bakal membuat hp semakin lelah. 

Demikianlah 10 cara merawat hp agar awet bisa mencapai tahunan. Perawatan hp yang benar akan membuat kamu lebih sedikit untuk mengeluarkan uang guna memperbaiki hp. Cara-cara ini juga sangat mudah dilakukan, siapapun dapat melakukannya. 

Dengan hp yang terawat dan lebih awet, maka bakalan bisa dipakai hingga 5 tahunan. Kalau anak jaman sekarang kan kebanyakan ganti hp setahun sekali atau dua tahun sekali. Tentu hal tersebut sangat boros dan sangat menyia-nyiakan. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ya!

Cara merawat hp, Cara merawat hp dengan baik, Cara merawat hp baru, Cara merawat hp android agar tidak lemot, bagaimana cara merawat baterai hp, bagaimana caranya agar hp tidak mudah rusak, Cara merawat hp agar awet bertahan tahunan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *