Indosat dan Tri Merger? Begini Dampak Ke Bisnis dan Nasib karyawan!

  • Share
Indosat tri merger

Indosat dan Tri telah resmi merger dan bakal menjadi pesaing Telkomsel. Lihat dampak ke karyawan dan bisnisnya nih!

Belum lama ini, PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) resmi melakukan merger. Kedua perusahaan sepakat akan memakai nama indosat ooredoo hutchison. Fusion dari kedua perusahaan besar itu tentu menjadi perbincangan di tanah air. Lantaran perusahaan baru ini akan menjadi pesaing dari Telkomsel. 

Namun kalian tahu tidak, apa itu merger? Merger adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan yang utuh. Penggabungan ini akan menyatukan aset dan non aset dari kedua perusahaan, sehingga akan tercipta bisnis yang kuat dan kokoh. 

Banyak ahli yang mengamati bahwa penggabungan ini akan menyaingi dominasi Telkomsel yang telah menguasai separuh pasar telekomunikasi. Hal ini tak terlepas dari aset yang dimiliki Indosat dan tri yang begitu banyak, serta modal yang makin kuat akan menjadi daya gebrak bagi perusahaan. Sehingga perusahaan bisa lebih melebarkan sayap dan bakal lebih berkembang. 

Dikutip dari seluler.id (22/09/2021), Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional (Infratelnas) Mastel DR Sigit Puspito Wigati Jarot, mengemukakan bahwa merger indosat dan tri tetap tidak bisa menyaingi Telkomsel. Kehadiran perusahaan baru tersebut hanya akan memunculkan pesaing baru bagi Telkomsel. 

“Maka dengan hadirnya Indosat Ooredoo Hutchison, posisi Telkomsel kemungkinan masih akan tetap menjadi operator dominan di Tanah Air. Dan kemungkinannya adalah operator plat merah itu menemui pesaing yang semakin kuat, karena dengan merger tentunya secara kekuatan basis pelanggan dan modal juga semakin kuat,” jelas Sigit

Ketika sebuah perusahaan melakukan merger dengan perusahaan lain, tentu akan memberikan dampak tersendiri. Misalnya saja dampak pada laju bisnis dan karyawan. 

Dampak positif merger indosat dan tri

1.  Mempercepat Inovasi digital

Indosat dan tri memiliki aset materi dan non materi yang banyak. Sehingga kalau digabungkan, dapat mempermudah untuk mengembangkan teknologi terbaru. Misalnya saja seperti menciptakan jaringan stabil di seluruh negeri dan memudahkan akses digital di Nusantara. 

Tentunya kalau ini dilakukan, indosat ooredoo hutchison bakal menjadi dambaan masyarakat Indonesia. 

2. Mempercepat digitalisasi di seluruh negeri

Pemerintah terus mengupayakan digitalisasi di seluruh negeri. Hal ini guna menciptakan kemudahan dalam berbagai urusan. Dengan memiliki aset yang tersebar di seluruh negeri, maka indosat ooredoo hutchison memiliki peran besar untuk menjadikan Indonesia masuk ke era digitalisasi. 

Mungkin hal tersebut akan dapat direalisasikan beberapa tahun mendatang. Mengingat saat ini Telkomsel juga telah menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Kalau indosat ooredoo hutchison bisa, berarti Indonesia bakalan masuk ke era digitalisasi. 

j6dSKVlDmI2Bhpu6ABZl 90jeFbxw La 3AW6AeOZuJX AjQq1XLfTXa23K44KfIPkioLmA3CjZg3ae

3. Membantu pemulihan ekonomi dari pandemi covid-19

Tak bisa dipungkiri memang kalau pandemi covid-19 membuat ekonomi lesu tak berdaya. Pemerintah juga kewalahan mencari solusi, karena permasalahan ini harus diselesaikan oleh banyak pihak. Tidak bisa hanya pemerintah sendirian. 

Untungnya, merger yang dilakukan indosat dan tri akan menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu perusahaan dengan nama indosat ooredoo hutchison bakal mendapatkan investor baru. Sehingga sedikit bisa meringankan beban pemerintah untuk mengatasi ekonomi. 

Nasib Karyawan Setelah kedua perusahaan merger

Pernahkah Anda berpikir dengan karyawan yang berada di perusahaan tersebut? Apakah nanti didepak atau  lanjut?

Melansir dari cnbcindonesia.com (22/09/2021), karyawan yang ingin tetap bekerja, akan terus dipertahankan. Namun bagi karyawan yang menolak merger, maka perusahaan tidak melarang untuk pergi. 

“Karyawan-karyawan di H3I yang memutuskan untuk tidak bergabung dengan Perusahaan Penerima Penggabungan Usaha berhak untuk mendapatkan pembayaran pesangon sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tulis keterangan H3I.

Jadi karyawan yang tidak bersedia bergabung, tetap dibolehkan pergi dan perusahaan akan memberikan uang pesangon sesuai dengan Pasal 154(A) UU Ketenagakerjaan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Cipta Kerja juncto Pasal 41 Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

Merger adalah, dampak merger indosat dan tri, indosat call center, indosat ooredoo hutchison.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *