Jenis-jenis Baterai Pada Smartphone dan Kelebihannya

  • Share
Jenis-jenis Baterai Pada Smartphone dan Kelebihannya

Sebuah smartphone sebagai sumber tenaga ternyata memiliki beberapa jenis loh. Kira-kira apa saja jenis-jenis baterai hp? 

Kalau kita membeli smartphone pasti akan mempertimbangkan kapasitas baterainya. Tak jarang kita memilih hp dengan kapasitas baterai badak. Hal ini guna menunjang aktivitas tetap lancar. Karena jika baterai hp habis, aktivitas kita bisa tersendat. 

Sebuah smartphone bisa nyala berkat adanya sokongan daya yang berasal dari baterai. Baterai ini memiliki fungsi menyimpan daya dan kemudian menggunakannya untuk menjalankan sistem. Sehingga kita bisa mengakses berbagai fitur yang terdapat pada hp. 

Bagaimana kalau hp tidak punya baterai? Wah tentunya sangat susah untuk hidup ya. Kecuali dibikin seperti PC, tanpa baterai tetapi bisa nyala karena nyolok terus ke stop kontak. Tetapi kalau hp dimodifikasi seperti ini, tentu sangat berbahaya. Takutnya bisa meledak dan terbakar. 

Kadang kalau baterai hp sudah tidak bagus, baterai hp bisa kembung. Memangnya isi baterai itu seperti apa sih?

Apa isi dari baterai hp?

Mungkin kamu pernah membongkar sendiri sebuah baterai smartphone. Kemudian kamu menemukan lempengan hitam atau serbuk hitam dengan bau yang sangat menyengat. Kurang lebih isi dari baterai hp seperti itu.

Umumnya dalam sebuah baterai, kamu akan mendapati zat seperti zinc, karbon, campuran MnO2 (Mangan Dioksida), serbuk karbon dan NH4Cl (Ammonium Klorida), cadmium, Nikel dan alkaline (potassium hidroksida), lithium, timah, asam sulfat, dan lain sebagainya. 

Kandungan baterai ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan tubuh kamu. Jika terhirup, kamu bakal mengalami sesak nafas, radang, hingga menimbulkan gatal-gatal. 

Baterai hp juga masuk dalam sampah B3 yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Karenanya sampah B3 ini harus dipisahkan dari sampah lain agar tidak tercampur. Kemudian nantinya bakal diolah lagi atau dimusnahkan dengan suhu yang panas. 

Setelah kita tahu isi baterai hp, sekarang kita kenali beberapa jenis baterai hp. Baterai ini biasa digunakan dalam smartphone jaman sekarang. Jadi mungkin kamu tidak akan asing lagi dengan istilah-istilahnya. 

7 Jenis Baterai Hp

Sering memakai smartphone dengan baterai di dalamnya tetapi tidak tahu jenis baterainya. Kira-kira apa saja jenis baterai hp ya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Lithium ion (Li-ion)

Jenis baterai ini mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Yap, kamu bakal menemukan baterai semacam ini di perangkat smartphone. Banyak perusahaan yang mengandalkan baterai ini untuk smartphone mereka.  

Sesuai namanya, di dalam baterai jenis ini terdapat cairan berupa ion Lithium. Ketika bekerja, unsur ini bakal bergerak dari elektroda positif ke elektroda negatif. Namun ketika baterai ini diisi daya, unsur tersebut kembali ke tempat semula. 

Kelebihan baterai Li-ion adalah bentuknya yang tipis dan ramping sehingga dapat diselipkan ke perangkat seluler. Selain itu, baterai ini juga lebih tahan lama karena bisa diisi ulang hingga 1000x pengecasan. 

2. Lithium poly (Li-po)

Lithium poly menjadi jenis baterai hp terbaik. Karenanya hp jaman sekarang, rata-rata sudah memakai baterai tipe Lithium poly. Baterai jenis ini merupakan pengembangan dari Lithium ion. Bedanya terletak pada elektroda yang digunakan. Kalau Li-ion berupa cairan, kalau Li-po berupa polymer. 

Kelebihan dari baterai Li-po adalah lebih tahan terhadap ledakan. Hal ini karena polymer lebih aman ketimbang cairan ion. Baterai ini juga bisa menyimpan daya yang lebih besar. Selain itu, ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan yang paling disukai, baterai ini sangat ringan. 

3. Lithium iron Phosphate (Li-Fe)

Baterai dengan bahan dasar oksida kobalt ini tergolong baterai mahal. Karenanya jarang sekali perusahaan yang memakai baterai seperti ini untuk perangkat seluler. Selain itu, ukuran baterai ini cukup tebal, sehingga sangat kurang cocok untuk hp. 

Kelebihan dari baterai jenis ini yaitu dapat menampung daya yang besar. Selain itu, daya tahan baterai Li-Fe juga lebih awet ketimbang jenis baterai lainnya. 

4. Nickel Metal Hybrid (NiMh)

Baterai jenis ini sudah tidak dipakai lagi saat ini. NiMh merupakan pengembangan dari NiCd. Tipe ini dulunya dipakai pada zaman featured phone. Jadi tak heran kalau daya tahan baterai featured phone bisa mencapai seminggu lebih. 

Kelebihan baterai NiMh adalah kapasitas dayanya yang lebih besar. Selain itu baterai ini jauh lebih awet karena menampung daya yang besar. 

5. Nickel Cadmium (NiCd)

Baterai nicd adalah baterai yang memanfaatkan nikel oksida hidroksida dan kadmium logam untuk pengisian ulangnya. Jenis baterai yang satu ini sudah jarang kita temukan. Karena memerlukan perawatan pengisian yang ribet. Sementara kalau tidak dirawat, usianya bakal cepat habis. 

Kelebihan baterai nicd yaitu dapat diisi ulang secara terus-menerus. Kapasitas dayanya juga lebih besar, sehingga daya tahannya lebih awet. 

C9P6lIicLW2v135 AUVhqp4STe Y8lZyJIDAvitdE XxM9HJfcSr7FTFl dA0Vo1yJj YcHV2xtncHhqeWe4yiP a5Ip dxIxOnCY5Y1

6. Baterai tanam

Sebenarnya ini masuk kategori jenis baterai berdasarkan pemasangannya. Tetapi akan kami ulas sedikit karena masih banyak yang bingung. 

Sesuai namanya, baterai jenis ini dibenamkan ke dalam hp atau istilah kerennya non removable. Baterai jenis ini memiliki soket yang terhubung ke mesin. Sehingga sedikit sulit untuk dilepas. Oleh karena itu, hp yang memakai tipe baterai ini, biasanya memerlukan perhatian khusus saat melepas backdoor. 

Jenis baterai hp yang tahan lama bisa kamu temukan pada smartphone baterai tanam. Hal ini karena jenis ini mengusung kapasitas baterai yang besar. Sehingga daya tahan baterai juga lebih lama. Apalagi biasanya smartphone jaman sekarang memakai jenis baterai Li-Po yang super aman dan awet. Sehingga hp yang mengusung non removable bakal lebih tahan lama. 

7. Baterai pasang

Baterai pasang adalah baterai yang dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pemiliknya. Untuk penggantian baterai juga sangat simpel, kamu hanya perlu membuka backdoor belakang kemudian cabut baterainya.

Baterai pasang memiliki kelebihan berupa penggantian baterai yang dapat dilakukan oleh semua orang. Selain itu, kamu juga melepas baterai saat terjadi lag atau hang. 

Cara mengetahui tipe baterai hp

Cara terbaik mengetahui tipe baterai yang kita pakai adalah dengan mengunjungi situs gsmarena. Karena pada situs tersebut biasanya akan tertera jenis baterai yang dipakai. Apakah memakai Li-Ion atau memakai Li-Po. 

Sedangkan jika kamu ingin mengetes kondisi baterai, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut

  • Tekan #*#4636#*#*
  • Setelah itu, pilih baterai
  • Kamu bisa lihat status dan kondisi baterai.

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai jenis baterai hp beserta kelebihannya. Kita jadi lebih tahu mengenai jenis-jenis baterai yang ternyata ada banyak. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu dan menjadi referensi untuk kamu ya. 

Kami ingatkan untuk tidak ngecas hp sambil bermain. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada hp. Parahnya lagi, hp bisa meledak karena terlalu panas. Sebaiknya isi baterai dalam keadaan mati, atau kalau bisa dalam mode pesawat saja.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *