Macam-macam Sensor Hp Android Beserta Fungsinya

  • Share
Macam-macam sensor hp

Perangkat elektronik memiliki sensor untuk membuatnya dapat merespon dan bekerja. Kira-kira macam-macam sensor hp ada berapa dan seperti apa sih? 

Sebuah perangkat elektronik seperti hp, tentunya memerlukan sebuah sensor agar dapat bekerja dengan maksimal. Macam-macam sensor hp ternyata banyak banget. Jumlahnya bervariasi dan tentu memiliki peran yang berbeda-beda. 

Karenanya, smartphone sering disebut juga ponsel pintar, karena dapat melakukan berbagai hal. Misalnya saja untuk menunjukkan arah, mengetahui tekanan, mengetahui suhu hp, hingga layar yang mati ketika digunakan untuk telponan dan didekatkan ke wajah. 

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, kamu tahu tidak sih, apa itu sensor hp? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa saja jenis-jenisnya?

Definisi Sensor

Sensor adalah peralatan yang berfungsi untuk mendeteksi gejala-gejala atau sinyal-sinyal yang berasal dari perubahan suatu energi seperti energi listrik, energi fisika, energi kimia, energi biologi, energi mekanik dan sebagainya.

Apa fungsi dari sensor? Fungsi sensor yakni untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik atau kimia. Variable keluaran dari sensor yang diubah menjadi besaran listrik disebut transduser. Pada saat ini, sensor telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer.

Lalu seperti apa sih jenis dari sensor yang ada pada hp? Hem perlu dicatat terlebih dahulu ya. Tidak semua hp memiliki sensor yang lengkap. Jadi ada yang hanya memiliki sensor beberapa saja. Berikut ini kami paparkan jenis-jenis sensor yang ada pada hp.

Macam-macam Sensor Hp Android

1. Sensor Accelerometer 

Seperti namanya, Accelerometer berarti percepatan. Sensor ini biasanya akan mendeteksi percepatan sebuah benda. Kalau di hp, sensor ini akan mendeteksi percepatan dari aplikasi dan game yang dijalankan. 

Misalnya saja ketika kamu bermain game real racing 3, layar hp kamu akan menampilkan kecepatan dari mobil yang sedang kamu kuasai. Nah tampilan kecepatan tersebut diperoleh dari sensor Accelerometer. 

2. Sensor Proximity 

Pernah tidak kamu menelpon seseorang, kemudian layar hp kamu mati ketika didekati dengan wajah.?! Nah ternyata sensor proximity inilah yang membuat layar hp mati ketika kita menelpon dan didekatkan ke wajah. 

Sensor proximity hp adalah sensor yang bekerja untuk mendeteksi gerakan saat sedang menelepon. Sehingga layar hp bisa mati agar tidak tersentuh dan menimbulkan panas pada pipi. 

Tentunya hal ini berguna agar layar tidak tersentuh oleh kulit pipi. Sehingga layar tidak nyentuh-nyentuh sendiri. Selain itu, sensor ini berguna banget untuk menjaga suhu hp dan menghemat daya ketika sedang menelepon loh. 

Kce7KoQuw0ZfS2jT6IJrnzsHvHBdZUqNSQPJVrBRHSomRGbTD0zu9piYSlA9MW5ZFP9Ow45w3tEcSDHVzapIP rzUyUFaSlLRi JH3hTXpqK1gNwV0Kv0hafU

3. Sensor Gyroscope 

Anak muda jaman sekarang pasti sudah tahu apa itu Gyroscope. Bener banget! Sensor ini memiliki fungsi untuk mengukur ketepatan momentum sudut. Jadi ketika hp kamu dimiringkan ke kanan, maka tampilan layar juga berubah sesuai sudut dari hp. 

Sensor Gyroscope dapat menentukan orientasi gerak sebuah smartphone dengan bertumpu pada penggunanya yang menjadi pusat sumbu. Sensor ini juga mendeteksi gerakan penggunaan. Karenanya pusat dari sumbu adalah penggunanya itu sendiri. 

4. Sensor cahaya (Ambient Light)

Apa itu light sensor hp? Sensor cahaya atau yang biasa dikenal dengan Ambient Light merupakan sensor yang digunakan untuk menentukan kecerahan pada layar hp. Kecerahan Layar hp bisa disetel sendiri atau memilih pengaturan cahaya otomatis. 

Cara kerjanya cukup mudah, ketika kamu menyalakan kecerahan otomatis, maka sensor ini akan bekerja. Ketika berada di tempat terang, layar hp secara otomatis akan menyala lebih terang. Ketika berada di tempat yang minim cahaya, layar hp akan meredup. Jadi menyesuaikan kondisi lingkungan sekitar. 

5. Sensor Barometer

Kalau sering memakai GPS, kamu bakal menjumpai sensor Barometer. Fungsi utamanya adalah mengukur tekanan udara yang ada di sekitar kamu. Sehingga hp kamu bisa menampilkan perkiraan cuaca di daerah tempat tinggalmu. 

Oh iya, barometer sensor juga bakal mengukur tinggi rendahnya perangkat yang sedang kamu gunakan dari permukaan laut.

6. Sensor Magnetometer (Compass)

Pernahkah kamu memakai aplikasi GPS atau google maps? Pada aplikasi tersebut, sensor Magnetometer sangat berperan besar loh. 

Magnetometer berkaitan erat dengan medan magnet yang ada di bumi. Sensor ini akan menentukan arah kutub dengan utara sebagai sumbunya. 

Fungsi utamanya tentu untuk menunjukkan arah secara akurat. Selain itu juga bakal menampilkan arah mata angin di hp kamu. 

7. Sensor Thermostat / Temperatur

Smartphone yang memiliki sensor temperatur, bakal menampilkan suhu dari hp yang sedang digunakan. Jadi ketika hp sudah kelelahan karena dipaksa main game hingga panas, smartphone kamu akan menampilkan suhu hp dan memerintahkan untuk berhenti sejenak. 

Suhu yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan komponen hp. Parahnya lagi kalau overheat bisa mengakibatkan hp jadi meledak.

8. Sensor Tekanan (pressure)

Sesuai dengan namanya, sensor tekanan akan mendeteksi tekanan yang dialami oleh hp. Umumnya sih, hp yang memiliki sensor ini adalah hp yang bisa nyemplung ke dalam air. Biasanya digunakan untuk mendeteksi tekanan dalam air

Kalau sensor ini rusak atau tidak berfungsi, maka hp kamu tidak dapat dicelupkan ke dalam air. Hal ini karena tidak ada sistem yang melindungi dari tekanan yang diberikan air kepada hp. 

9. Sensor Suara

Sensor suara merupakan sensor yang digunakan untuk mengatur tingkat suara pada smartphone. Misalnya saja saat kamu menyetel musik, kamu bisa menyesuaikan suara pada hp. Apakah mau lebih keras lagi, atau justru lebih kecil lagi. 

Pada saat kamu menelpon juga demikian, kamu bisa mengubah suara yang diterima dari speaker telepon menjadi loudspeaker. Kemudian kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri. 

10. Sensor Sidik Jari (Biometrik sensor)

Umumnya hp jaman sekarang sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Sensor ini bakal menyimpan / merekam sidik jari kamu, kemudian dijadikan alat untuk membuka layar kunci hp kamu. 

Oh iya, Biometrik sensor bukan cuma merekam sidik jari saja, melainkan juga merekam wajah  (face unlock). Sistem kerjanya juga sama, yakni merekam wajah kamu untuk kemudian dijadikan pengaman pembuka kunci layar.

11. Sensor NFC 

Near Field Communication atau istilah umumnya adalah NFC merupakan sensor yang dapat bertukar data digital. Misalnya saja pada pengguna tol, kamu bisa membayar tol memakai fitur NFC tanpa perlu ribet menunjukkan kartu tol. 

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu scan hp, kemudian mesin secara otomatis langsung merespon. Data kamu yang berupa uang elektronik, segera berpindah (untuk membayar tol). 

Bagaimana? Sudah tahu kan macam-macam sensor hp android? Ternyata sensor yang ada pada hp begitu banyak. Namun kamu harus ingat, bahwa tidak semua hp memiliki sensor yang lengkap. Ada sensor yang memang tidak disematkan pada sebuah hp. Tentunya hal ini guna memangkas biaya produksi dari smartphone. 

Meski begitu, dengan sensor yang ada di hp kita, tentu bakal memudahkan berbagai aktivitas. Misalnya saja bekerja, melacak jalan, hingga transfer file. Jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat ok!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *