Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya

  • Share
penyebab baterai cepat habis

Memiliki baterai hp cepat habis akan membuat semua orang emosi. Kenali penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Pernah tidak Anda mengalami masalah baterai boros? Rasanya sangat kesal ya, apalagi jika sedang digunakan untuk kepentingan bekerja, kehabisan baterai membuat emosi memuncak dan naik darah. Akhirnya pekerjaan menjadi tersendat dan tidak fokus. 

Kejadian seperti ini banyak dialami oleh banyak orang. Mereka mengeluhkan daya tahan batre yang cepat habis meski tidak mereka gunakan. Memang benar ada banyak faktor yang menyebabkan smartphone Anda kehilangan baterai dengan cepat. Misalnya saja seperti usia baterai yang sudah usang. 

Lalu kalau kondisinya masih baru, Kenapa baterai hp cepat habis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini kami telah rangkum penyebab baterai hp cepat habis. Penyebab ini mungkin sangat sepele, tetapi memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan baterai smartphone Anda. 

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

1. Charger rusak

Baterai cepat habis dan lama mengisi dapat diakibatkan oleh charger yang rusak. Charger yang rusak bisa menyebabkan daya yang masuk ke baterai tidak stabil. Sehingga membuat hp cepat panas dan kehilangan dayanya dengan cepat. Penggunaan kepala charger dan kabel usb yang tidak sesuai standar juga bisa menjadi faktor baterai cepat habis. Untuk itu, coba periksa terlebih dahulu charger yang Anda gunakan, masih layak atau tidak dan ori atau tidak?

2. Banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar

Kebiasaan multitasking atau menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu, ternyata dapat membuat hp Anda cepat kehilangan daya. Hal ini karena mesin hp akan bekerja lebih keras dan lebih tinggi sehingga ponsel Anda jadi panas dan persentase baterai hp menurun. 

3. Terlalu sering mengaktifkan bluetooth dan gps

Kalau sedang bepergian dan lupa arah jalan, biasanya kota akan mengaktifkan gps untuk menunjukkan arah. Tapi ternyata mode gps dan bluetooth sangat berpengaruh terhadap ketahanan daya ponsel. Ketika gps dan bluetooth diaktifkan, maka ponsel akan menerima sinyal lebih tinggi dan kerjanya juga makin intens. Hal membuat ponsel akan cepat panas dan cepat habis daya baterainya. 

4. Baterai hp sudah bocor

Baterai yang sudah bocor akan membuat hp lebih cepat penuh tapi juga sangat cepat habis. Hal ini karena baterai yang bocor strukturnya sudah berbeda. Anda dapat melihat ciri-ciri baterai bocor dengan memperhatikan kondisi baterai tersebut sudah kembung atau belum. Umumnya baterai bocor pasti akan menggembung. 

5. Sistem / OS bermasalah 

Terkadang ada hp yang OS nya bermasalah sehingga beban mesin dalam menjalankan berbagai perintah menjadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan hp jadi mudah panas dan baterai cepat habis. Saya sendiri pernah mengalami kejadian tersebut, yang membuat hp saya cepat panas padahal hanya digunakan untuk sosial media saja. 

6. Jaringan tidak stabil

Berada di daerah yang sinyalnya kurang, akan membuat hp “memaksa” untuk menangkap sinyal tersebut. Selain itu, hujan juga dapat mengakibatkan sinyal akan sulit tertangkap oleh hp. Sehingga kinerja mesin hp jadi lebih berat dan mudah cepet panas. Cuaca panas atau berada di ruangan yang panas, juga dapat membuat hp ikut jadi panas loh. 

Setelah kita tahu penyebab dari baterai hp yang cepat habis, selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Kami akan memberikan solusi yang paling sederhana namun hasilnya sangat efektif menjaga kesehatan daya tahan baterai. Apa saja si? 

0h2brOXrbH8UqJKhVst6oCdPXZGGV3BtwrBPwz0N MrAeAD263 a7PdCp57wqKBncWQEF5rTdwr1f8fsp7M3Khd4W9ilsbzZDcUye qyEiuX2bLvK5NkAGFyH3B5rqbrNuXOtJM=s0

Cara mengatasi baterai hp cepat habis

1. Ganti charger

Mengganti charger yang sudah rusak, bisa menjadi pilihan. Pasalnya charger rusak biasanya karena ada kabel yang terputus. Selain itu, bisa juga karena kepala charger yang dipakai adalah barang kw, sehingga cepat rusak. Untuk itu cek terlebih dahulu bagian mana yang rusak. Apakah kepala chargernya atau kabel usbnya. 

2. Hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang

Aplikasi yang membuat baterai cepat habis biasanya berjalan di latar belakang. Hal ini membuat hp jadi lemot, panas dan baterai cepat habis. Untuk itu, Anda dapat menghapus aplikasi yang tak berguna di latar belakang. Anda juga dapat menyeting aplikasi mana saja yang kiranya menguras baterai terlalu banyak. Anda dapat mengecek di pengaturan baterai, kemudian pilih aplikasi yang memakan baterai sangat banyak, lalu pilih paksa untuk berhenti. Dengan begitu baterai hp anda lebih awet dan tahan lama.

3. Matikan gps & bluetooth

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa gps dan bluetooth dapat membuat baterai hp cepat terkuras. Maka solusi yang tepat adalah matikan gps dan bluetooth jika tidak digunakan. Pastikan untuk menggunakan fitur tersebut ketika memang dibutuhkan. 

4. Update sistem operasi / OS

Pengalaman saya beberapa waktu yang lalu, pernah mengalami hp panas akibat OS yang bermasalah. Hp saya cepat panas dan baterai cepat habis. Kemudian saya mencoba untuk mengupdate os secara manual, dan hasilnya hp lebih adem ketika digunakan. 

6. Hindari tempat bersuhu panas

Baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai bisa disebabkan oleh suhu ruangan yang panas. Tempat dengan suhu panas, dapat membuat hp jadi ikutan panas. Ketika Anda sedang berada di luar ruangan dengan panas matahari yang menyengat, hp Anda akan ikut panas. Hal ini karena panas hp biasanya mengikuti dengan suhu sekitar. Kalau suhu sekitar ruangan tersebut dingin, maka ketika digunakan hp juga lebih dingin. 

6. Hindari tempat dengan sinyal rendah

Kalau Anda tinggal di daerah dengan sinyal yang jelek, bisa dipastikan hp Anda akan cepat panas. Untuk itu, Anda harus tahu betul jaringan terkuat di daerah Anda itu apa. Misalnya sinyal Telkomsel yang paling bagus, maka gunakan sim card Telkomsel. Walaupun paket internetnya mahal. 

7. Kurangi kecerahan hp

Brightness atau kecerahan hp, ketika diarahkan ke posisi yang paling terang maka dapat membuat hp jadi boros baterai. Hal ini karena layar hp mengkonsumsi daya lebih besar dibandingkan dengan aplikasi lain. Jadi pastikan agar Anda menggunakan kecerahan yang sesuai dan tidak berlebihan. 

8. Aktifkan mode hemat baterai

Umumnya smartphone zaman sekarang, sudah dilengkapi dengan fitur hemat baterai. Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat intensitas penggunaan smartphone lebih tinggi. Jadi mengaktifkan mode hemat baterai, bisa membuat daya tahan baterai lebih lama. 
Demikianlah artikel tentang penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya. Dengan langkah-langkah yang tepat, dapat menyelamatkan ponsel Anda dari yang namanya baterai drop. Jangan lupa untuk selalu cek kondisi smartphone, agar tetap terawat dan tetap prima. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya!

kenapa baterai hp cepat habis, Penyebab baterai hp cepat habis dan cara mengatasinya, baterai hp cepat habis padahal tidak dipakai, baterai hp cepat habis dan lama mengisi, aplikasi yang membuat baterai cepat habis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *