Perbedaan Samsung galaxy A22 dan A22 5G, Mana yang Lebih Baik?

  • Share
Samsung galaxy A22 dan A22 5G

Beberapa waktu yang lalu, samsung merilis galaxy A22 dan A22 5G. Sebenarnya apa saja si perbedaannya? Mana yang lebih baik?

Samsung terus berupaya untuk memikat hati masyarakat Indonesia dengan produknya yang berkualitas. Hp samsung memang terkenal kuat dan kokoh. Jadi tak heran kalau harganya pun ikutan mahal. Sayangnya hp Samsung ini tidak diimbangi dengan spek yang gahar, sehingga masyarakat kurang tertarik dengan hp Samsung. 

Hal itulah yang membuat Samsung mulai sadar dan berbenah. Ia mulai meluncurkan produk berkualitas namun dengan harga yang murah. Walaupun tetap saja ada bagian yang harus dikorbankan demi memangku harga produksi. 

Ngomongin hp Samsung, ada yang menarik nih terkait hp Samsung seri A. Apalagi kala bukan galaxy A22 dan A22 5G. Kedua hp ini menghadirkan spesifikasi yang mewah di kelas harganya. Selain itu, kapasitas ram dari kedua hp ini cukup besar sehingga Anda tak perlu khawatir dengan hp lag saat bermain game.

Mungkin Anda akan bertanya Samsung A22 keluaran kapan? Samsung A22 keluaran Juli tahun 2021. Jadi produk ini masih fresh dan sangat baru. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas perbandingan antara Samsung galaxy A22 dan A22 5G. Pemaparan ini sangat berguna bagi Anda yang hendak meminang salah satu dari Samsung galaxy ini. 

Perbedaan antara Samsung galaxy A22 dan A22 5G

Konektivitas

Perbedaan paling mencolok pada kedua hp ini adalah jaringan yang dipakai. Samsung A22 masih mengandalkan 4G sedangkan A22 5G sudah memakai jaringan 5G. Sementara untuk bagian WiFi, bluetooth, GPS, hingga port usb yang digunakan sama saja. Oh iya, kabar baiknya kedua hp Samsung ini telah dilengkapi dengan USB Type C. Sehingga lebih terlihat modern dan ketika mengisi daya juga lebih cepat. 

Kesimpulan yang dapat kami ambil yakni, untuk tahun 2021 ini jaringan 5G di Indonesia belum merata. Jadi jaringan tersebut hanya dapat dinikmati di beberapa daerah saja. Kalau Anda ingin menginvestasikan ke A22 5G, boleh boleh saja kok. Tapi jika Anda tak keberatan dengan jaringan 4G, mungkin A22 sudah sangat cukup untuk Anda. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan ya. 

Body

Samsung galaxy A22 mengandalkan ukuran layar 6.4 inch dengan tipe Super amoled dan refresh rate 90Hz. Resolusinya hanya HD+ saja. Dengan layar seperti itu, bobot dari hp ini hanya 186 gram. Cukup ringan untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. 

Sementara galaxy A22 5G menggunakan layar lebih besar dengan ukuran 6.6 inch. Tipe layar TFT namun refresh rate sudah 9Hz. Sedangkan resolusinya full HD+. Ukuran layar yang besar tentu memiliki berat yang lebih, pada hp ini memiliki berat 203 gram. 

Menyimpulkan dari body dan layarnya ini cukup menyulitkan. Pasalnya A22 sudah super amoled tapi resolusinya HD+ sedangkan A22 5G sudah full HD+ tapi tipe layarnya masih TFT. Kalau ini mending serahkan ke Anda saja, hendak memilih yang mana. Karena build quality pada kedua hp ini sama sama menggunakan plastik. Jadi kualitas tidak akan jauh berbeda. 

Mesin

Samsung galaxy A22 ditenagai oleh Mediatek Helio G80 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini cukup bisa diandalkan untuk berbagai keperluan seperti, sosmed, browsing, hingga gaming. CPU sudah octa core dengan pengolah grafis Mali-G52 MC2. Untuk memainkan game yang sedang tren saat ini rasanya sangat cukup banget. 

Sementara galaxy A22 5G mengandalkan MediaTek Dimensity 700 dengan fabrikasi 7 nm. Chipset ini merupakan chipset “murah” yang telah dibekali dengan modem 5G. Hp ini akan jauh lebih hemat daya dan lebih adem. GPU yang dipakai Mali-G57 MC2 dengan CPU yang sudah octa core. 

Kesimpulannya pada bagian mesinnya Galaxy A22 5G lebih unggul karena telah memakai GPU Mali-G57. Apalagi fabrikasi A22 5G hanya 7nm, ini akan mengoptimalkan kinerja mesin sekaligus memberikan performa terbaik. Untuk android yang dipakai, keduanya sama-sama memakai Android 11 dengan One UI Core 3.1. UI terbaru dari Samsung yang memiliki tampilan lebih kece dan keren. 

Memori

Varian penyimpanan yang disediakan oleh galaxy A22 hanya tiga, yakni ram 4/64GB, ram 4/128GB, dan 6/128GB. Sedangkan pada Samsung galaxy A22 5G, Anda akan disuguhi varian ram 4/64GB, ram 4/128GB, ram 6/128GB, dan ram 8/128GB. Keduanya dapat diekspansi lagi menggunakan microsd. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika penyimpanannya masih kurang. 

Penyimpanan dari galaxy A22 5G lebih banyak. Sehingga memungkinkan Anda untuk memilih sesuai dengan keinginan. Pada bagian ini, biar Anda sendiri yang menyimpulkan mana yang lebih baik. Karena menurut kami, keduanya berimbang lantaran varian terendahnya 4/64GB.  

fF76dRr4Qq2QKJVb1lBH34 YJ6P knsEala5 sURtvE4rJHH4EJ8ZF0Hy54rBLF3ihu7q0St3yRrcnHzANCuHyRucDVYKOw3WiK3lL yqnnhTcEgQaqI zvXrN SzL7zwMObnwQJ=s0

Kamera

Kamera Samsung galaxy A22 mengusung quad camera dengan lensa utama beresolusi 48mp, ultrawide 8mp, macro 2mp, dan depth sensor 2mp. Kameranya ini mampu merekam video hingga 1080p@30fps. Untuk kamera depannya beresolusi 13mp. Untuk urusan fotografi Samsung memang dapat diandalkan, karena kualitas kameranya tidak main-main. 

Sedangkan untuk galaxy A22 5G hanya dibekali tiga buah kamera saja. Kamera utamanya beresolusi 48mp, ultrawide 5mp, dan depth sensor 2mp. Untuk menangkap video, kameranya ini mampu merekam hingga 1152p@30fps. Untuk kamera depan, Samsung hanya menyisipkan lensa 8mp. Tapi untuk kebutuhan foto-foto, rasanya sudah sangat cukup kok. 

Kesimpulan, hemat kami kamera Samsung galaxy A22 lebih oke ketimbang A22 5G. Hal ini karena hp ini memiliki empat buah kamera dan dilengkapi dengan fitur OIS. Untuk kamera depannya juga lebih bagus karena beresolusi 13mp. 

Sensor

Sensor yang dibenamkan pada galaxy A22 tak selengkap dengan A22 5G. Pada hp ini hanya dibekali sensor sidik jari, accelerometer, gyro, dan compass. Namun yang menjadi menarik adalah hp ini dilengkapi fitur Virtual proximity sensing. Meskipun hanya virtual saja, tetapi sudah oke lah dari pada tidak ada sama sekali. Sementara galaxy A22 5G, terdapat sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Sensor yang dimilikinya ini memang lebih lengkap.  

Kesimpulan yang dapat diambil, kalau di atas kertas, sensor yang lengkap tentu lebih baik. Tapi meski begitu pada A22 dilengkapi juga dengan Virtual proximity sensing yang memungkinkan Anda untuk merasakan manfaat yang sama seperti sensor proximity. 

Baterai

Baterai yang dibenamkan pada kedua hp ini sama-sama berkapasitas 5000mah dengan fast charging 15watt. Urusan baterai bisa dikatakan imbang lah ya. Karena tidak memiliki perbedaan sedikitpun. 

Harga

Harga Samsung galaxy A22 varian terendahnya hanya Rp. 2.399.000 saja. 

Harga Samsung galaxy A22 5G varian terendahnya hanya Rp. 2.799.00 saja

Harga ini dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. 

Kesimpulan

Melihat perbandingan yang cukup menarik dari Samsung ini, sepertinya samsung berusaha menghadirkan kekurangan di atas kelebihan. Misalnya saja pada layar A22 yang memakai super amoled, namun masih beresolusi HD+ saja. Sedangkan A22 5G sudah full HD+ namun memakai layar TFT. 

Mungkin cara seperti inilah, agar Samsung bisa memberikan perbedaan antara kedua hpnya ini. Dengan demikian perbedaan harga juga menjadi tak terlampau jauh. Apapun itu sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda semua ya. Jangan sampai memaksakan tetapi sebenarnya tidak terlalu butuh banget. 
Apakah samsung A22 bagus? Menurut pandangan kami Samsung A22 sangat bagus. Di atas kertas, kami lebih tertarik dengan hp ini. Meski masih 4G, tetapi setidaknya sudah memakai panel super amoled. Demikianlah perbandingan antara samsung galaxy A22 dan A22 5G. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang bingung mencari mana yang yang terbaik. Share jika artikel ini bermanfaat ya!

Galaxy A22 harganya berapa, Samsung A22 keluaran kapan, berapa harga hp Samsung A22 5G, berapa ram Samsung A22 5G, apa perbedaan samsung A22 dan A22 5G, Apakah samsung A22 bagus?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *