Perbandingan Spesifikasi Samsung A10 vs Samsung A10s Beserta Harganya di Tahun 2021

  • Share
Samsung a10 vs a10s

Samsung galaxy a10 dan galaxy a10s menjadi smartphone murah dari Samsung. Seperti apa sih jeroan kedua smartphone tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Sejak dulu, Samsung memang menjadi produsen smartphone yang konsisten meluncurkan hp berkualitas tinggi. Bukan hanya nama besar yang menjadi nilai jual, melainkan ketahanan hp samsung juga sangat diapresiasi. Sebut saja series J yang dulu sangat diburu karena memiliki struktur body yang kokoh dan juga awet. 

Samsung juga telah mengeluarkan series A dan M untuk pasar entry level dan mid range mereka. Sementara untuk pasar flagship, samsung tetap konsisten mengandalkan seri S. Membahas mengenai hp entry level, memiliki kemenarikan tersendiri. Karena pada kelas tersebut, banyak juga produsen smartphone yang makin gencar menawarkan berbagai kelebihan. Sehingga membuat pasar entry level jadi lebih memanas dan seru. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas hp entry level dari Samsung. Yap, apalagi kalau bukan Samsung galaxy a10 vs galaxy a10s. Kedua hp ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan kamu yang doyan hp mewah dengan harga murah. Apakah samsung A10 dan Samsung A10s sama? Kedua smartphone ini memang sama dari segi bentuk, tetapi memiliki beberapa perbedaan yang mencolok.

Perbandingan Spesifikasi Samsung a10 vs a10s

Perlu diketahui bahwa kedua smartphone ini diluncurkan pada pertengahan Agustus 2019. Meski tergolong smartphone lama, tetapi keduanya masih worth it kok untuk dipakai di tahun 2021.

Konektivitas

Samsung A10 dan A10s memakai jaringan apa? kedua hp ini sama-sama memakai jaringan 4G. Kemudian terdapat juga WiFi, hotspot, GPS, bluetooth, radio, micro USB, dan usb on the go. Hanya saja pada Samsung galaxy A10s versi bluetooth yang dipakai adalah 4.2, sedangkan pada Samsung galaxy a10 sudah memakai bluetooth 5.0. 

Sebenarnya tidak masalah si, karena sekarang sepertinya sudah jarang yang memakai bluetooth untuk kirim file. Kebanyakan sudah memakai shareit atau aplikasi berbagi file yang lebih cepat. Jadi tak perlu khawatir dengan versi bluetooth tersebut. 

Layar dan Body

Samsung a10 dan a10s menggunakan layar apa? Ternyata kedua smartphone tersebut sama-sama memakai layar berukuran 6.2 inch dengan tipe IPS LCD dan beresolusi HD+. Untuk ukuran hp murah masih sangat wajar lah. Apalagi kamu juga bakal mendapatkan kesan mewah dari brand Samsung.

Sementara build quality, keduanya menggunakan material plastik. Selain itu bobot kedua smartphone ini juga sama, yakni 168 gram. Ukuran samsung a10 dan a10s sedikit berbeda nih, Samsung a10s memiliki dimensi 156.9 x 75.8 x 7.8 mm. sedangkan galaxy a10 memiliki dimensi 155.6 x 75.6 x 7.9 mm. 

Sekilas untuk layar dan body tidak ada perbedaan yang signifikan. Semuanya hampir sama. Sedangkan untuk dimensi yang hanya selisih beberapa milimeter saja. Selisihnya ini tidak akan terasa kok, digenggam juga biasa saja. 

Tenaga 

Pada jeroan mesin, kedua hp ini memiliki perbedaan nih. Samsung galaxy a10 memakai chipset Exynos 7884 dengan fabrikasi 14 nm. Chipset ini dipadukan dengan CPU octa core dan GPU Mali-G71 MP2. Sementara sistem operasi yang digunakan, samsung a10 menggunakan android 9 dan bisa diupdate ke Android 10. 

Samsung a10s ditenagai oleh Mediatek Helio P22 dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini sudah lumayan adem dan tidak mudah panas. Apalagi didukung dengan CPU octa core dan GPU PowerVR GE8320, bakalan membuat hp ini lebih ngebut. Hp ini tampaknya lebih segar karena sistem operasinya dapat diupdate ke android 11. Jadi lebih kekinian ada lebih apik untuk tampilannya. 

Melihat dapur pacu yang digunakan, samsung a10s tentu lebih unggul. Dari segi prosesor dan sistem operasi, hp ini jauh lebih bagus ketimbang a10. 

zjGl7myC2m7SKhjjKr5ZEDtztAiA5Zl3WK6hT6lu8iN7KYbDXnvUrAU79tOiukWqZYSdOuPqPzwDz874IlWRjHcqfb7nlqoOgK4TZaNh4VFPtMhOgVST19k9hoKsV1GdoIScoHRq=s0

Penyimpanan

Samsung galaxy a10 memiliki dua varian penyimpanan, yakni ram 2/32GB dan 4/32GB. Sama halnya dengan a10, pada Samsung a10s juga memakai ram 2/32GB dan 3/32GB. Kalau masih kurang, kamu masih bisa menyisipkan microsd ke dalam smartphone tersebut. 

Urusan penyimpanan, tidak ada perbedaan yang berarti. Hanya besaran ram saja yang berbeda, sedangkan penyimpanan internal tetap sama. Jadi tidak begitu berpengaruh terhadap performa hp. 

Kamera

Kamera kedua smartphone besutan samsung ini juga berbeda. Lihat saja Samsung a10 memakai satu buah kamera dengan lensa 13mp. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 5mp saja. 

Sementara Samsung galaxy a10s mengusung dual kamera, dengan lensa utama beresolusi 13mp dan depth sensor 2mp. Untuk kamera depannya, kamu bakal menemukan lensa beresolusi 8mp. 

Kamera Samsung a10s jauh lebih bagus ketimbang a10. Maklum saja, a10s merupakan penyempurnaan dari a10 biasa. Sehingga memang wajar jika memiliki spesifikasi yang lebih bagus.

Sensor

Ngomongin sensor, pasti bakal menumbuhkan pertanyaan, apakah samsung galaxy a10 memiliki sensor sidik jari? Sayangnya tidak. Pada smartphone ini tidak dilengkapi sidik jari, Kamu hanya akan mendapati sensor Accelerometer dan proximity. 

Sementara samsung a10, kamu bakalan menemukan sensor sidik jari, Accelerometer dan proximity. Keduanya memang tidak memakai sensor gyroscop dan compas. Wahar saja untuk hp murah kelas entry level. 

Baterai

Baterai yang ditanamkan pada Samsung galaxy a10 berkapasitas 3400mah. Dengan kapasitas tersebut, hp ini mampu bertahan setengah harian. Dalam kondisi full di pagi hari, hp ini akan minta untuk diisi pada sore harinya. 

Sedangkan galaxy a10s, memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar. Kamu akan mendapati kapasitas baterai 4000mah. Kapasitas yang besar ini akan mampu bertahan seharian. 

Sayangnya kedua smartphone tersebut belum dilengkapi dengan fast charging. Sehingga kamu bakal menunggu selama dua jam lebih untuk mengisi daya hingga penuh. 

Harga

Harga Samsung galaxy a10 mulai dari Rp. 1.050.000 saja. 

Harga Samsung galaxy a10s mulai dari Rp. 1.299.000

Kesimpulan

Kedua smartphone ini memiliki bentuk dan desain yang sama. Spesifikasi yang dibawa juga hampir sama. Meski begitu, tetap saja kami lebih merekomendasikan Samsung galaxy a10s. Memangnya Apa kelebihan hp samsung A10s? Kelebihan dari hp tersebut lebih mampu diajak bertarung menjalankan berbagai aplikasi dan game. 

Apalagi dengan kapasitas baterai yang lebih besar, galaxy a10s akan jauh lebih bertahan lama dibandingkan dengan a10. Sistem operasinya juga lebih segar karena mendapat pembaruan dari Samsung. Meskipun harga yang dibanderol juga sedikit lebih mahal, tetapi sangat setimpal dengan apa yang kamu dapatkan kok. 
Demikianlah review perbandingan antara Samsung galaxy a10 vs galaxy a10s. Semoga dengan rivew ini, dapat membantu kamu untuk menentukan smartphone terbaik yang akan kamu beli ya. Selalu ingat untuk membeli barang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan, karena bisa nyesel nanti.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *