Xiaomi hp gacha? Simak Dulu Penjelasan Dari Ahlinya!

  • Share
Xiaomi hp gacha? Simak Dulu Penjelasan Dari Ahlinya!

Label xiaomi hp gacha terus menggaung hingga ke telinga. Tapi apa benar seperti itu? Atau hanya tuduhan belaka? Simak penjelasan ahlinya berikut ini.

Kamu tahu tidak sih, apa itu hp gacha? Hp gacha adalah sebuah istilah barang hoki-hokian. Jadi, pada sebuah smartphone kadang ada hp yang bagus (normal), ada juga yang jelek (minus). Kalau jumlahnya banyak yang minus, maka disebut dengan hp gacha. Karena kita tidak tahu akan dapat hp yang bagus atau yang minus. Sehingga untuk mendapatkan hp yang bagus hanya mengandalkan hoki saja. 

Kalau bahas hp gacha, pasti bakalan tertuju sama Xiaomi. Entah mengapa netizen mengatikan hp xiaomi dengan istilah gacha. Padahal mereka belum tentu merasakannya secara langsung. Tetapi sudah menjudge bahwa hp xiaomi adalah hp gacha. 

Sebenarnya hal ini sangat merugikan pihak brand. Karena namanya jadi tercoreng akibat netizen yang menyimpulkan hanya dari satu kejadian saja. Dampaknya tentu saja banyak orang awam yang ikut-ikutan menilai bahwa Xiaomi jelek, produknya gacha. 

Tanggapan Alvin Tse Terkait Xiaomi Hp Gacha

Dikutip dari Uzone.id (1/10/2021), bos Xiaomi Indonesia Alvin Tse, pernah menanggapi ocehan netizen terkait smartphone Xiaomi yang gacha.

“Netizen suka bercanda soal gacha ya, sebenarnya saya belum mempelajari betul, karena sejauh ini yang populer itu sebutan ponsel gaib,” ungkapnya.

Ia juga tertawa dan menganggap netizen thu tren media sosial. Sehingga banyak juga dari mereka yang beropini soal teknologi.

“dari yang saya amati, pengguna Xiaomi memang sangat aktif dan doyan bersuara di ranah online. Hal ini sangat unik, karena mereka gemar beropini khususnya terhadap produk yang menurut mereka menarik dan tentunya mereka yang juga sangat tahu tren media sosial.”

Meski sering dianggap gacha, tetapi Alvin percaya, masih banyak pengguna hp Xiaomi yang puas dengan produknya. Sementara mereka yang koar-koar biasanya antek-antek dari brand lain. 

“Di internet, kalian akan mendengar banyak hal tentang Xiaomi. Mereka yang bahagia dengan Xiaomi biasanya tidak banyak komentar. Lalu, ada juga tipe netizen yang menikmati kegaduhan, bahkan belum tentu juga mereka menggunakan ponsel Xiaomi, jadi cuma meramai-ramaikan saja. Lalu tipe terakhir, jika mereka berkomentar yang kurang enak tentang Xiaomi, biasanya mereka adalah orang yang mempromosikan brand lain,” 

UyDvb zZcAQHJrJQGFZgpJvOFKA YCMluW e392T HFmOVqw3n8QMuPHIrhZTCXn55jU6nK8EUc4tfxwNY4Ry2oqCAErtYNy fDd fjfUFYjT uY3uZyWCYM6jK3TBE56oZ9Qgw=s0

Tanggapan David Gadgetin Soal Hp Xiaomi Gacha

Senada dengan Bos Xiaomi, David Gadgetin juga turut berkomentar. Melalui unggahnya di kanal YouTube, ia menjelaskan bahwa tuduhan netizen tentang Xiaomi tidak berdasar. Pasalnya saat ini banyak sekali pengguna hp Xiaomi di Indonesia. Banyak juga yang merasa puas dengan performa hp. 

Ia juga menjelaskan bahwa Xiaomi saat ini mendominasi market share Indonesia. Sehingga tak heran jika keluhan pengguna xiaomi kelihatan lebih banyak dibandingkan dengan brand lain. 

Logikanya begini, mengapa banyak sekali motor honda yang diservis di bengkel? Jawabannya karena banyak pengguna motor honda ketimbang motor lain. Memang ini adalah logika kasar, tetapi memang benar juga karena market share xiaomi sekarang jauh lebih besar dan luas. 

Masalah Hp Xiaomi

Sebenarnya seperti apa sih permasalahan hp Xiaomi? Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, ada beberapa keluhan atau masalah pada hp Xiaomi. Diantaranya sebagai berikut. 

1. Hp cepat panas

Kami menemukan keluhan hp Xiaomi cepat panas di grup Facebook. Banyak yang tak tahan dengan smartphone panas, karena bakal menurunkan performa. Yap, keluhan panas pernah dialami oleh Xiaomi redmi note 7 yang memakai chipset Snapdragon 660. Padahal di hp lain yang memakai chipset sama, tidak mengalami overheat. 

2. Kamera berdebu

Bagian kamera biasanya tertutup sangat rapat sehingga kemungkinan kemasukan air dan debu sangat kecil. Tapi entah kenapa ada saja user yang mengeluhkan hp redmi note 9 kamera belakangnya mengembun dan berdebu. Mangkanya banyak yang bilang kalau hp ini ampas. 

3. Ghost touch

Istilah ghost touch yakni layar smartphone yang tidak kita sentuh, tiba-tiba nyentuh-nyentuh sendiri. Tentunya hal ini sangat mengganggu saat digunakan. Apalagi jika kamu senang bermain game, pasti akan sangat tergantung dengan layar yang menyentuh sendiri. Lagi-lagi keluhan ini dialami oleh redmi note 9. Meski tidak semuanya mengalami hal tersebut sih. 

4. Hp meledak

Kasus hp meledak tidak hanya dialami oleh Xiaomi. Tetapi juga brand lain seperti samsung, realme, oppo, vivo, dan lainnya. Kasus hp meledak biasanya karena suhu baterai hp yang tinggi tetapi tetap menjalankan berbagai aplikasi dan game. Ketika panasnya berlebih, baterai tidak sanggup lagi menahan suhu yang amat panas sehingga jadi meledak. Oh iya kasus hp meledak juga kadang diakibatkan karena ngecas hp sambil bermain. So? Hindari hal demikian ok!

5. Sering ngebug

Setelah pembaruan MIUI kadang ada saja user yang mengeluhkan hp xiaomi ngebug. Hal ini masih wajar, karena ngebug hanya terjadi selama beberapa hari saja. Setelah seminggu juga bakalan sembuh sendiri. 

Apa yang harus diperhatikan saat membeli hp Xiaomi

Ketika membeli sebuah smartphone, tentunya kita ingin produk yang terbaik. Kira-kira apa sih yang perlu diperhatikan ketika membeli Smartphone Xiaomi?

1. Pastikan beli di toko resmi

Jika memungkinkan, datanglah ke MI store di daerah kalian. Karena dengan datang langsung ke Mi Store, bakal mengurangi risiko kerusakan hp. Kalau lokasi kalian jauh, kalian juga bisa kok membeli di toko yang ada di daerah masing-masing. Asalkan tokonya jelas. 

2. Cek garansi dan segel hp

Selalu tanyakan kepada penjual mengenai garansi smartphone. Biasanya Xiaomi Indonesia memberikan garansi resmi 12 sampai 15 bulan untuk produknya. Jadi jika penjual menawarkan garansi 6 bulan atau satu bulan saja, mending tolak. Karena bisa jadi hpnya sudah repubrish. Kan sayang uangnya kalau membeli barang yang tidak jelas garansinya. 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget

Membeli smartphone haruslah disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Kalau kamu membeli hp atas dasar ingin saja, maka kamu bakal nyesel. Karena uang yang dikeluarkan untuk barang yang kurang dibutuhkan. Apalagi jika budget pas-pasan, tentunya harus memutar otak agar tidak terlilit hutang demi sebuah ponsel pintar. 

4. Unboxing di tempat

Unboxing di tempat menjadi salah satu cara mengetahui kondisi smartphone. Jangan sampai hp yang kita bawa pulang, justru memiliki cacat atau minus. Pastinya bakal tidak menyenangkan dan sangat mengecewakan. Jadi, kamu harus pandai-pandai mengecek hp di tempat penjual ok!

Demikianlah pembahasan mengenai Xiaomi hp gacha. Nyatanya memang sebuah produk tidak ada yang sempurna. Kalaupun ada yang mengalami masalah demikian, rasanya sangat wajar mengingat banyak juga yang memakai. Apalagi Xiaomi telah berusaha keras dengan memberi garansi yang panjang. Jadi bakal lebih terjamin produknya ini. 

Oh iya, kamu punya hp Xiaomi baru beli kemudian ada yang error, silakan bawa ke SC Xiaomi. Biasanya kamu bakal diberi smartphone baru lagi. Tentunya after sales dari Xiaomi ini sangat membanggakan sekali. Mengingat konsumen dimanjakan dengan hp murah dan pelayanan juara.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *